banner

Latar Belakang

Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 738)

66f55ed6-98e0-4526-9ab1-671d954c1049.jpg

Beginilah kondisi Masjid Baitul Ibadah, satu-satunya masjid yang ada di Desa Buket Seuleumak, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur.

Masjid Baitul Ibadah Sudah berdiri sejak tahun 1972, ukiurannya hanya 9 M x 12 M sehingga hanya mampu membuat 60 jamaah, karena ukurannya yang kecil, mesjid ini tak mampu menampung warga desa secara menyeluruhan yang ingin melakukan aktivitas keagamaan baik shalat hari raya, terawih dll.

Kayu yang menjadi bahan dasar pembangunan masjid itu sudah lapuk termakan usia. Belum lagi jika diterpa hujan, percikan air akan selalu masuk ke dalam masjid.

“Keadaan masjid kami sangat memprihatinkan pak, jemaah kami sangat besar antusiasnya untuk beribadah, anak anak ingin menggunakan masjid raya ini sebagai tempat mengaji, tapi keadaan masjid kami seperti ini, kecil dan sudah lapuk” ungkap salah satu jemaah Masjid Baitul Ibadah.

b30aa38e-dd41-46df-8f36-d6dee2c8d6b4.jpg

Keadaan Kondisi di dalam mesjid dengan dinding dari spanduk, agar tidak terjadi percikan air saat hujan, dan Mimbar juga sangat sederhanya triplek dan dilapisi spanduk

Warga Desa Buket Seuleumak telah berusaha bertahun-tahun untuk merenovasi masjid secara bertahap. Namun apa daya, karena kebanyakan warganya bekerja di kebun dan bertani penghasilan mereka sangat pas-pasan. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sangat sulit.

“Kalau berharap dari usaha warga terkait donasi dalam setiap bulan wajib per kk Rp. 5.000 untuk merenovasi mesjid kami ini, sepertinya akan butuh waktu bertahun tahun untuk bisa mesjid kami ini rampung,” terang salah satu jemaah Masjid Baitul Ibadah.

1a67200f-f43a-4a4d-9f96-ed0ee60195e1.jpg

Suasana Shalat Jum’at di Mesjid Baitul Ibadah, warga begitu kusyuk dalam melaksanakan Shalat walaupun mesjid mereka sangat sederhana, dimana sudah 20 tahun mereka melaksanakan shalat jum’at dimesjid tersebut

Selain Shalat Jum’at dan shalat wajib lainya, warga memanfaatkan untuk pengajian anak – anak di Desa tersebut, baik pengajian hari dan malam

71f0666a-9e50-4f0e-9fb1-300bc8613f38.jpg

Lebih dari 50 anak-anak tiap malam / hari mengaji

“Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga.” (HR. Bukhari, no. 450; Muslim, no. 533).

3c2f0939-7f53-40ac-9fdf-f852cfc0f25d.jpg

Hasil Donasi warga setiap bulan nya 5.000 sejak tahun 2002 , Alhamdulillah sudah ada Pondasi dasar

***

#OrangBaik, antusiasme beribadah warga muslim Desa Galandau tidak didukung dengan fasilitas masjid yang layak. Mari kita sedekahkan sebagian rezeki kita untuk bantu membangun masjid bagi mereka dengan cara:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”;

2. Masukkan nominal donasi;

3. Pilih metode pembayaran GoPay atau transfer Bank (transfer bank BSI, Muamalat, Bank Aceh Syariah) dan transfer ke no. rekening yang tertera;

4. Dapatkan laporan melalui email.

Tak hanya mendoakan dan berdonasi, saudara-saudara juga bisa membagikan halaman galang dana ini agar semakin banyak yang membantu.

***

Disclaimer:

Tidak hanya untuk merenovasi Masjid Sis Al-Djufrie, donasi yang terkumpul nantinya juga akan digunakan untuk memperbaiki masjid pelosok lainnya di Provinsi Aceh Khususnya mesjid yang ada Di daerah terpencil.

Warga Daerah Terpencil Sudah 43 Tahun Harapan Ingin Membangun Mesjid Baru

Bantu untuk penggabungan Mesjid Baitul Ibadah di Pelosok Aceh Timur yang kondisi sangat meprihatinka

Daftar Donasi


Laporan Realisasi

Belum ada Laporan Pencairan Dana.